Breaking News
Loading...
Monday 16 December 2013

Info Post
Assalamu'alaikum Sobat RA Baiturrahim Cirebon...

RA Baiturrahim Ingin berbagi pengetahuan nih.. Siapa yang mau tahu??

yuk.. langsung dibaca


Berbahagialah bagi sobat yang memiliki kebun Kelapa karena ternyata Kelapa banyak manfaatnya. Pengolahan Kelapa bukan hanya sebatas pada kopra atau virgin coconut oil (VCO) sebagaimana yang selama ini dilakukan. Kelapa bisa dikembangkan menjadi produk-produk pangan dan non-pangan sehingga nilai ekonomisnya bisa semakin meningkat.

Sejauh ini, produk olahan buah Kelapa yang diklaim memiliki manfaat untuk kesehatan ialah VCO. VCO ini merupakan minyak yang dihasilkan melalui proses tertentu dan seasli mungkin sebagaimana dalam keadaan alaminya.

Banyak orang yang mengetahui bahwa manfaat dari VCO ini bersifat anti-bakteri, anti-virus, anti-fungi, dan juga berperan dalam mengendalikan kolesterol jahat dalam darah dan kesehatan jantung.

Dan selain VCO tersebut, ternyata ada bagian-bagian lainnya dari buah Kelapa yang juga memiliki manfaat yang cukup besar bagi kesehatan manusia. Mari kita perhatikan uraian berikut!
Daging Buah Kelapa

Yang terkandung dalam daging buah Kelapa ini sekitar 90% merupakan asam lemak jenuh dan 105 asam lemak tak jenuh. Meskipun mengandung asam lemak jenuh, namun minyak Kelapa memiliki rantai karbon sedang sehingga mudah dicerna oleh tubuh.

Asam lemak rantai sedang lebih baik dibandingkan asam lemak rantai panjang karena bisa langsung dicerna dalam usus tanpa adanya proses hidrolisis dan enzimatis.

Sedangkan minyak yang memiliki rantai karbon yang panjang harus melalui beberapa tahapan dulu untuk diproses di dalam pencernaan manusia sebelum akhirnya dapat diserap dinding usus lewat beberapa proses yang panjang.

Asam lemak rantai sedang juga tidak diubah menjadi lemak atau kolesterol serta tidak memengaruhi kolesterol darah. Dan terkait dengan manfaatnya, asam lemak rantai sedang ini berkemampuan secara spesifik sebagai anti-fungsi, anti-protozoa, anti-bakteri, dan juga anti-virus.
Air Kelapa

Tak hanya minyak dan dagingnya saja yang memiliki banyak manfaat, namun air Kelapa juga disinyalir mengandung banyak zat gizi. Kalau selama ini pemanfaatan air Kelapa hanya terbatas pada mengolahnya menjadi nata de coco, maka dengan kandungannya yang padat gizi, air Kelapa bisa dikembangkan lebih dari itu.

Menurut hasil analisis, dalam air Kelapa tua mengandung sekitar 91% mineral, 0,3% protein, 0,15% lemak, 7,3% karbohidrat dan 1,06% abu. Air Kelapa juga mengandung vitamin C 2,7 mg/ 100 ml. Sedangkan kandungan mineral air Kelapa terdiri atas kalium, natrium, kalsium, magnesium, tembaga, besi, dan lainnya.

Makanya dengan banyak kandungan zat gizi tersebut menjadikan air Kelapa sangat kaya khasiat seperti untuk mengobati penyakit usus, penyakit kolera, muntah-muntah, cacar, campak, dan juga penyakit kulit lainya.

Air Kelapa juga memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi minuman isotonik karena di dalam airnya memiliki kandungan mineral dan  gula yang sempurna sehingga memiliki keseimbangan elektrolit.

Dengan banyak kandungan zat gizi baik di dalam daging, minyak maupun air Kelapa, buah ini berpotensi untuk dikembangkan menjadi produk untuk kesehatan tubuh.

 Perlu diketahui bahwa air kelapa mengandung 4,7% dari total padatan, 2,6 % gula, 0,55 % protein, 0,74 % lemak, serta 0,46 % mineral. Komposisi gizi yang baik dari buah kelapa tersebut menyebabkan air kelapa dapat difungsikan sebagai media untuk pertumbuhan mikroba, misalnya saja Acetobacter xylinum yang digunakan untuk produksi nata de coco.

Manfaat dan Khasiat Kelapa


Manfaat dan Khasiat Dari Air Kelapa Muda Untuk Kesehatan :
  •     Mengobati penyakit demam berdarah dengan meminumnya secara rutin dan teratur.
  •     Menghilangkan rasa lelah dan lesu akibat kegiatan yang padat.
  •     Mengobati perut cacingan pada tubuh anak-anak. Dengan menambahkan sedikit sari jeruk pada  setiap gelas air kelapa muda. Sebaiknya diminum teratur 3x sehari.
  •     Memperlancar buang air kecil atau sebaliknya mengurangi lancarnya buang air kecil. Karena air kelapa muda berkhasiat untuk membersihkan saluran kemih.
  •     Pembasmi cacing pada saluran usus. Dengan meminum air kelapa muda dengan  teratur 3x sehari ditambah 1 sdt minyak zaitun.
  •     Mencukupi kebutuhan cairan bagi ibu/wanita yang sedang hamil.
  •     Sebagai penetralisir untuk orang yang sedang mabuk yang disebabkan oleh penggunaan obat-obatan tertentu.
  •     Air kelapa muda disinyalir mengandung anti virus, anti bakteri, dan anti jamur yang sama seperti yang terkandung pada air susu ibu.
  •     Mampu menjaga fungsi pencernaan atau metabolisme dalam tubuh.
  •     Sebagai pereda mual-mual dan muntah-muntah.
  •     Disinyalir mampu memecah batu ginjal. Air kelapa berkhasiat melunakkan kerak dalam ginjal.
  •     Merupakan cairan isotonik yang baik untuk menjaga kebugaran tubuh.

Selain dari khasiat dan manfaat air buah kelapa muda sebagai tumbuhan yang multifungsi daging buahnya pun mempunyai berbagai macam manfaat dan khasiat yang begit besar beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

Kandungan dari Daging Buah Kelapa

Buah kelapa tua mengandung kalori yang sangat tinggi, yaitu sebesar 359 kalori/100 gram nya; daging kelapa yang masih setengah tua mengandung kalori 180 kal/100 gram nya dan daging kelapa yang masih muda mengandung kalori sebesar 68 kal/100 gram. Sedangkan pada air kelapa nilai kalori rata-rata berkisar 17 kal/100 gram nya. Air kelapa hijau lebih banyak mengandung tanin atau anti racun yang paling tinggi daripada jenis kelapa yang lain.

Manfaat dan Khasiat Buah Kelapa Antara Lain :
  •     Anti Racun, sebagai penawar racun yang baik.
  •     Mengatasi panas dalam
  •     Menurunkan sakit panas atau panas demam
  •     Sebagai obat mujarab demam berdarah
  •     Pencegah Influenza
  •     Mengatasi penyakit kencing batu
  •     Mengurangi rasa sakit saat haid
  •     Membasmi cacing kremi
  •     Mengurangi rasa sakit gigi
  •     Mengatasi dan mengurangi ketombe

Nah demikianlah beberapa manfaat dan khasiat dari buah kelapa dari air buah kelapa maupun daging buah kelapa. Ada masih banyak lagi manfaat yang bisa anda temukan dari batang pohon, pelepah kelapa, daun kelapa dan banyak lagi. Semoga Bermanfaat ^^


1 comments:

Silahkan Komentar Anda tentang posting ini

Total Pageviews